Sunday, July 18, 2010

auschwitz - birkenau


Auschwitz - Birkenau, terletak di Polandia, saksi sejarah gelap masa pemerintahan Hitler dengan pasukan SS nya yang sampai sekarang pun masih menimbulkan reaksi emosional untuk berbagai kalangan.

Ada satu pertanyaan dari teman gue, begitu tau gue akan ke Auschwitz. "Wisata kok ke bekas penjara, tempat banyak nyawa dihilangkan?"

Hei, jalan-jalan kan bukan cuma berkunjung ke menara anu, klub itu, ngopi, nongkrog sampe malem, belanja sampe dompet ngap-ngapan. Jalan ke tempat yang punya latar belakang sejarah perlu juga. Dan Auschwitz - Birkenau merupakan salah satu tempat yang pengen banget gue datengin dari dulu.


Selain di wilayah Jerman sendiri, kamp konsentrasi atau bisa juga disebut penjara yang didirikan oleh tentara Nazi Jerman ini, juga terdapat di beberapa negara Eropa lain. Tujuannya untuk menempatkan para pelaku kriminal, kelompok-kelompok etnis tertentu dan warga Yahudi dalam satu area, dimana mereka diharuskan melakukan berbagai pekerjaan secara paksa termasuk harus menerima dengan suka rela bila mereka ditunjuk dengan hormat menjadi bagian dari berbagai percobaan yang dilakukan oleh para ilmuwan Jerman. Yaaa.. itu bahasa halusnya sih karna mereka sebenarnya dijadikan kelinci percobaan untuk berbagai macam obat baru, mesin baru, ini baru, itu baru. Daripada pake kelinci kan mending pake yang ada aja, mungkin begitu mereka berfikir saat itu.

Kamp konsentrasi dibedakan sesuai fungsinya. Ada concentration camp, labor camp, transit camp, collective camp dan yang paling seram ya extermination camp. Dari namanya aja udah kebayang kan apa yang terjadi di dalamnya. Auschwitz - Birkenau termasuk extermination camp dan merupakan yang terbesar. Jumlah korban tewas diperkirakan lebih dari 1 juta jiwa, ini pun diralat pada pengadilan militer di Nuremberg menjadi diperkirakan sebanyak 3 juta jiwa.


Camp konsentrasi Auschwitz - Birkenau saat ini menjadi museum yang masih menyisakan kesuraman dan kengerian di beberapa bagiannya. Coba bayangin satu ruangan berdinding kaca dengan ukuran kira-kira 3x7 meter yang isinya guntingan-guntingan rambut berwarna coklat, hitam, pirang yang banyak diantaranya masih berupa jalinan kepang utuh. Ruangan lain berisi sisir dan sikat rambut. Ruangan lain lagi berisi panci dan peralatan masak yang disita, koper-koper lengkap dengan isinya yang dipisah paksa dari pemiliknya, kaki palsu, kaca mata. Ribuan bahkan mungkin jutaan..

Saksi sejarah. Bikin hati miris sekaligus decak kagum. Miris oleh apa? Kagum pada siapa?
Kalian nggak akan bisa ngerasain ini sebelum liat langsung dengan mata kepala sendiri dan berimajinasi..





...


No comments:

Post a Comment